Survei: Hatta Rajasa Menko Paling 'Kinclong'

Menko Perekonomian Hatta Rajasa (VIVAnews/Anhar Rizki Affandi)

VIVAnews - Hasil survei yang dilakukan Developing Countries Studies Center (DCSC) Indonesia menunjukkan tingkat kepuasan publik yang tinggi terhadap kinerja Menteri Koordinator Perekonomian, Hatta Rajasa. Meski di variabel kepuasan publik terhadap kondisi perekonomian nasional tergolong rendah dengan 25,3 persen menjawab lebih buruk dan 41,8 persen menganggap tidak ada perubahan dibandingkan tahun lalu.

Hasil survei ini menunjukkan Hatta Rajasa mengungguli menteri koordinator lainnya yakni Menko Polhukam Djoko Suyanto dan Menko Kesra Agung Laksono. Menurut Executive Director DCSC, Zaenal A Budiyono, hasil survei menunjukkan tingkat kepuasan publik terhadap kinerja para menteri koordinator yang tertinggi adalah jatuh pada Menko Perekonomian Hatta Rajasa, yakni 36,8 persen.

"Sementara kepuasan terhadap Menko Polhukam Djoko Suyanto menduduki peringkat kedua dengan 29,3 persen, dan kepuasan terhadap Menko Kesra Agung Laksono sebesar 26,8 persen," katanya saat jumpa pers di Hotel Atlet Century, Senayan, Jakarta, Minggu 30 Oktober 2011.

Terkait kinerja ketiga Menko ini, lanjutnya, yang dinilai paling bekerja keras menyelesaikan masalah yang ada, presentasi paling tinggi juga dipegang oleh Hatta yaitu sebesar 40,8 persen. "Sedangkan Menko Polhukam sebesar 31,6 persen dan untuk Menko Kesra sebesar 29,5 persen," tuturnya.

Zaenal berpendapat kemauan Hatta dalam memberikan penjelasan terkait berbagai permasalahan ekonomi yang menjadikan tingkat kepuasan terhadapnya tinggi.

Pengamat politik LIPI, Lili Romli, berpendapat program Masterplan Percepatan Perluasan dan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI) yang menjadikan menko perekonomian unggul dibandingkan yang lainnya. "Saya menilai karena Pak Hatta meluncurkan MP3EI sehingga menko-menko yang lain tidak terlihat (kinerjanya)," imbuhnya.

Sebagai informasi, waktu pelaksanaan survei dilakukan selama 12 hingga 20 Oktober 2011. Survei dilaksanakan di 33 provinsi dengan jumlah responden sebesar 1200 orang dengan margin of error sekitar tiga persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. Responden dipilih dengan metode multistage random sampling dan pengumpulan data dilakukan dengan model wawancara langsung. (adi)

• VIVAnews Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

View the original article here

0 Response to "Survei: Hatta Rajasa Menko Paling 'Kinclong'"

Poskan Komentar

kasih komentar yah supaya tulisannya lebih bermutu