HTC Tambah Daftar Musuh Apple di Pengadilan

VIVAnews - Produsen ponsel pintar asal Taiwan, HTC, menggugat Apple Inc atas tuduhan pelanggaran hak paten. Gugatan dilayangkan HTC ke Komisi Dagang Internasional di Amerika Serikat, setelah HTC menggunakan paten yang telah dibelinya dari Google pekan lalu.

Seperti dikutip dari laman BBC, komputer dan perangkat mobile produksi Apple dianggap melanggar paten yang dimiliki HTC. ini termasuk kapabilitas wi-fi dan teknologi komunikasi prosesor.

Ini merupakan gugatan yang ketiga dilayangkan HTC terhadap Apple. "Kami mengambil langkah terhadap Apple untuk melindungi properti intelektual kami, partner industri kami, dan yang terpenting konsumen yang menggunakan ponsel HTC," kata Grace Lei, General Counsel (Penasehat) HTC.

HTC bukan satu-satunya produsen ponsel yang memiliki kasus hukum dengan Apple. Produsen ponsel asal Korea Selatan, Samsung, juga terlibat konflik di pengadilan dengan Apple. Atas tuduhan meniru iPhone dan iPad, Samsung dilarang memasarkan sejumlah produk seri Galaxy-nya.

Namun, Samsung kemudian menggugat Apple atas tuduhan pelanggaran paten atas teknologi wireless (nirkabel) yang dimiliki Samsung.

Menariknya, HTC dan Samsung yang berurusan di pengadilan dengan Apple memiliki kesamaan. Keduanya merupakan produsen ponsel asal Asia, yang sama-sama menggunakan sistem operasi berbasis Android, yang dikembangkan Google.

Analis menyebut, langkah legal HTC yang menggunakan paten milik Google membuktikan isu ini lebih besar dari sekedar pertentangan dua perusahaan produsen ponsel.

"Ini menjadi perang Android melawan Apple," kata Andrew Milroy, analis dari Frost & Sullivan, seperti dikutip dari laman BBC.
Koalisi Anti Apple
Milroy memperkirakan, kerjasama yang lebih erat akan terbangun antara HTC dengan Samsung dan Google dalam menghadapi Apple.
"Saya lihat mereka memiliki posisi yang sangat kuat jika bersama-sama menghadapi Apple. Google ditambah Samsung ditambah HTC menjadi kekuatan besar untuk dilawan," lanjut Milroy.

Apple sendiri terlihat masih gigih dalam sejumlah gugatan hukum yang dilakukannya. "Kami berpikir kompetisi bisa berlangsung sehat, tapi kompetitor kami hendaknya menciptakan teknologi orisinil milik mereka sendiri, bukan mencuri milik kami," kata juru bicara Apple, Carolyn Wu.

Bulan lalu, pengadilan Belanda melarang peredaran tiga seri Galaxy milik Samsung di sejumlah negara Eropa, atas gugatan yang dilayangkan Apple. Beberapa hari lalu, Samsung juga 'terpaksa' menarik Galaxy Tab 7.7 dari pameran elektronik IFA di Berlin, setelah pengadilan melarang peredaran Galaxy Tab 7.7 di Jerman. (ren)
• VIVAnews

0 Response to "HTC Tambah Daftar Musuh Apple di Pengadilan"

Poskan Komentar

kasih komentar yah supaya tulisannya lebih bermutu