Positive Air Pressure

Dalam memilih casing/chassis/case komputer, selain estetika, perlu dipertimbangkan jg disain pengaturan aliran udara di dalamnya. Tentunya supaya aliran udara di dalam casing bisa membantu mendinginkan komponen2 di dalamnya.

Salah satu cara pengaturan aliran udara yg baik adalah dengan membuat tekanan udara dalam casing lbh tinggi daripada udara luar. Dengan demikian secara alami udara dalam casing akan mengalir keluar casing. Istilahnya "positive air pressure".

Caranya adalah dengan membuat udara masuk ke dalam casing yang disedot menggunakan fan/kipas lebih banyak daripada udara keluar casing yang disembur menggunakan fan.

Jadi misal kalau total jumlah udara yg masuk menggunakan fan adalah 500cfm, maka total udara keluar menggunakan fan harus <500cfm.

Dengan demikian tekanan udara di dalam casing menjadi lebih besar dari di luar, tidak hanya dari mengembangya udara karena heat/panas dari komponen di dalam, tapi juga dengan bantuan kipas yg menekan udara baru dari luar ke dalam.
Di sini kipas memberikan pressure/tekanan sekaligus mengganti udara panas dalam casing dengan udara luar yg lebih dingin.

Kelebihan dari positive air pressure dibanding negative air pressure (negative air pressure terjadi bila terlalu banyak udara yg disedot keluar casing menggunakan kipas secara artifisial, hingga tekanan dlm casing < dari tekanan udara luar) adalah lebih bersihnya bagian dalam casing dari debu. Karena secara alamiah udara dlm casing akan terdorong keluar, termasuk dari celah2 yg sangat sempit sekalipun.

Adapun supaya debu tidak masuk dari kipas yg menyedot udara ke dalam, maka kipas tersebut wajib memiliki filter. Bila kipasnya tidak berfilter, maka tidak begitu ada gunanya memiliki tekanan udara positif.


selain itu, positive air pressure lebih mengoptimalkan pembuangan panas dari (misal) gpu/video card, karena udara panas yg mengalir kembali ke dalam casing dapat dicegah..

sumber http://www.kaskus.us/showthread.php?p=343835788#post343835788

0 Response to "Positive Air Pressure"

Poskan Komentar

kasih komentar yah supaya tulisannya lebih bermutu