Tentang UNIKOM

Maybe my post now is not interesting, but i want share about my campus.
Universitas Komputer Indonesia (UNIKOM) secara resmi berdiri pada hari Selasa, tanggal 8 Agustus 2000 berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional nomor 126/D/0/2000.

Awalnya dimulai pada bulan Juli tahun 1994 ketika didirikan Lembaga Pendidikan Komputer Indonesia Jerman, disingkat LPKIG, bertempat di jalan Dipati Ukur 102 Bandung . Dengan 1 ruang kelas berkapasitas 50 orang dan 1 laboratorium komputer dengan 25 unit komputer, Lembaga ini membuka program pendidikan 1 tahun dengan 5 program studi yaitu Ahli Komputer Aplikasi Bisnis, Ahli Komputer Keuangan & Perbankan, Ahli Komputer Akuntansi & Perpajakan, Ahli Komputer Manajemen & Pemasaran dan Sekretaris Eksekutif. Jumlah peserta pendidikan pada tahun pertama ini sebanyak 233 siswa.

Pada tahun kedua, 1995, dibuka jenjang pendidikan 3 tahun untuk memenuhi animo siswa tahun pertama yang ingin memperdalam ilmunya, disamping pemikiran jangka panjang pengembangan institusi. Pada tahun ini juga dibuka program studi baru, meliputi : Ahli Komputer Teknik Informatika, Ahli Komputer Manajemen Informatika dan Sekretaris Eksekutif. Ruang kelas ditambah menjadi 2 buah dan laboratorium komputer menjadi 2 buah dengan jumlah siswa sebanyak 457 orang.

Pada tahun ketiga, 1996, dilakukan penambahan gedung kuliah baru bertempat di jalan Dipati Ukur 116 (gedung FISIP sekarang), sekaligus pemindahan pusat administrasi dan perkantoran. Digedung baru ini dilakukan penambahan 1(satu) Lab. Komputer, 5(lima) Ruang Kuliah, Ruang Dosen dan Ruang Kemahasiswaan. Jumlah siswa dari tahun 1996 hingga tahun 1998 bertambah dari 632 orang menjadi 1184 orang.

Pada tahun kelima, 1998, dimulai pembangunan Kampus baru (Gedung Rektorat /Kampus-1 sekarang) berlantai 6(enam) di jalan Dipati Ukur 114. Pembangunan Kampus baru ini dapat diselesaikan pada bulan Agustus 1999, sehingga pada awal perkuliahan bulan September 1999 telah dapat digunakan.

Mencermati dinamika peserta didik dan pengembangan Institusi kedepan, pada tanggal 24 Desember 1998 dibentuklah Yayasan Science dan Teknologi dan dilanjutkan dengan pengajuan pendirian STIMIK IGI dan STIE IGI ke DIKTI.

Pada bulan Juli 1999 STIE IGI diresmikan dengan keluarnya SK Mendiknas no. 119/D/O/1999 dengan 5 program studi : Akuntansi S1, Manajemen S1, Manajemen Pemasaran D3, Keuangan Perbankan D3 serta Akuntansi D3.

Pada bulan Agustus 1999 STIMIK IGI diresmikan dengan keluarnya SK Mendiknas no. 143/D/O/1999 dengan 5 program studi : Teknik Informatika S1, Manajemen Informatika D3, Teknik Komputer D3, Komputerisasi Akuntansi D3 serta Teknik Informatika D3.

Agar Sistem Pendidikan lebih Efisien, Efektif, Produktif dengan Struktur Organisasi yang lebih baik, enam bulan kemudian dilakukan usulan ke DIKTI untuk melakukan Merger kedua Sekolah Tinggi diatas menjadi Universitas.

Pada hari Selasa, tgl. 8 Agustus 2000 keluarlah SK MENDIKNAS no. 126/D/O/2000 atas Universitas Komputer Indonesia yang disingkat dengan nama UNIKOM.Pada SK tersebut sekaligus diijinkan dibukanya 11 program studi baru : Teknik Komputer S1, Manajemen Informatika S1, Teknik Industri S1, Teknik Arsitektur S1, Perencanaan Wilayah dan Kota S1, Ilmu Hukum S1, Ilmu Komunikasi S1, Ilmu Pemerintahan S1, Desain Interior D3, Desain Komunikasi Visual S1 dan Desain Komunikasi Visual D3.

Sejak berdirinya pada tahun 2000, setiap tahunnya UNIKOM menerima ± 2.000 mahasiswa baru. Terakhir pada tahun 2007 yang lalu diterima sebanyak 3.108 mahasiswa baru. Hingga tahun akademik 2007/2008 terdapat 6 Fakultas dan 23 Program Studi di UNIKOM dengan jumlah mahasiswa sebanyak 10.907 orang yang berasal dari berbagai pelosok tanah air dan dari luar negeri yang sedang menempuh pendidikan di UNIKOM.

dikutip dari : http://www.unikom.ac.id


15 Responses to "Tentang UNIKOM"

  1. SAYA MO TANYA NE,PAK ATO BU.KMAREN...UDAH 2 MINGGUAN CE,SAYA DAPAT SURAT PENGUMUMAN TENTANG PMDK N SAYA TU LULUS,PADAHAL NE SAYA LOM PERNAH IKUT PMDK MANAPUN TERMASUK UNIKOM NE!!!!!

    BalasHapus
  2. unikom menurut saye kuliah yang bergengsi n mutu pendidikan cukup baik.

    BalasHapus
  3. @ BAGUS : ya itu salah satu program promonya unikom

    @ B@GUS : ya begitulah unikom, hehehe.

    BalasHapus
  4. saya mw nanya kemaren saya mendapatkan surat dan dinyatakan d terima di Unikom melalui jalur pmdk,padahal saya tidak mendaftarkan diri,apakah itu benar?

    BalasHapus
  5. neng wita yuliana18 Maret 2010 23.19

    kok saya dapet surat pemberitahuan tentang telah keterima di kampus unikom pada hal saya sama sekali ga pernah mengikuti apa pun...
    di surat itu di kata kan bahwa saya lulus PMDK dan telah di terima di UNIKOM
    kok bisa ya?
    ini bener apa gmna?

    BalasHapus
  6. tadi sore saya dpet surat dari UNIKOM yg mnyatan bahwa saya lulus PMDK di UNIKOM pdhal kan saya belom pernah daftar PMDK ke UNIKOM ini
    ini bener ga ya????? :)

    BalasHapus
  7. saya juga dapat surat yg menyatakan saya diterima di UNIKOM melalui pmdk. padahal saya belom tahu sama sekali tentang UNIKOM. siapa yang mengirim surat ini ??
    bener ga surat ini ?
    tolong konfirmasinya..

    BalasHapus
  8. Minggu lalu saya dapat surat bahwa di terima di unikom? klo itu bnr syaratnya ap saja? cara daftarnya gmn ? bisa online g ?

    BalasHapus
  9. saya pengen dapet suratnya ko ga ada yaah :((
    gmana caranya spy bisa dapet ?

    BalasHapus
  10. saya juga pengen tahu. kalo angkatan 2006 bisa diterima gak di kuliah online-nya? :)

    BalasHapus
  11. gw tdi siang bru dpt suart dri UNIKOM
    bnr pha ga ntu ya...
    pliss jwb
    ok

    BalasHapus
  12. gW jg hrii nee dpet surat dr UNIKOM, n ktrima,...
    bner ga,..????

    BalasHapus
  13. gua juga...
    wkwkwkwkk,.,,,
    gak mungkin ni sob, masak banyak banget yg keterima...
    soalnya gua ud kterima di undip

    BalasHapus
  14. kog bnyak x gni yg dikrimi surat ntu?!!?
    sbnarnya nih bnar ga?
    tolong jlasin ke kmi smwa...

    BalasHapus

kasih komentar yah supaya tulisannya lebih bermutu